Monday, October 7, 2013



MANUSIA DAN CINTA KASIH
1.      Makna Kasih Sayang
Dalam kamus umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S Purwodarminto, kasih sayang diartikan dengan perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai menaruh belas kasihan
.
Didalam kitab suci Al Quran ditemui adanya fenomena cinta yang bersembunyi dalam jiwa manusia. Cinta memiliki 3 tingkatan yaitu tinggi, menengah dan rendah. Cinta tingkat tinggi adalah cinta kepada Allah, rasulallah dan berjihad dijalan Allah. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami dan kerabat. Cinta tingkat renda aanya cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal.
Dari pernyataan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa arti kasih sayang, tidak jauh beda dengan arti cinta. Kasih sayang adalah perasaan suka kepada seseorang ataupun rasa sayang kepada seseorang yang disertai menaruh belas kasihan.

2.      Contoh Kasus
Seorang ibu yang baru saja hamil merasa sangat bahagia dengan kehamilan barunya, sang ibu sangat memperhatikan kesehatan dan perkembangan janinnya. Dia selalu menjaga asupan makanan dan gizi yang akan diberikan oleh sang jabang bayi pada kandungan tersebut. Selama 9 bulan sang ibu selalu membawa janin dan kandungannya itu kemana pun dia pergi tanpa ada rasa lelah dan lemas karena dia merasa di dalam kandunganya ini adalah dari daging dia sendiri. Apalagi saat si ibu merasakan mual mual yang sangat parah saat usia hamil muda. Tetapi si ibu tetap sabar karena kasih sayang si ibu kepada calon anaknya itu. Dan puncaknya adalah saat ibu itu harus bertaruh dengan nyawanya pada saat si ibu harus melakukan persalinan atau operasi sesar untuk melahirkan. Si ibu bertahan dan bertaruh nyawa demi anak yang akan keluar di muka bumi ini. Setelah anak itu lahir si ibu pun bernafas lega karena si ibu bangga anak nya lahir dengan selamat, dan setelah itu ibu merawatnya dengan kasih sayang yang sangat tulus.

Kasih Sayang Ibu Kepada Anaknya Sangat Tulus Dan Tiada Bandingannya

3.      Kesimpulan dan Pembahasan
Dari cerita kasus diatas dapat disimpulakan bahwa, kasih sayang itu sangat tulus adanya entah itu kepada orang lain maupun keluarga sendiri, karena kasih sayang tidak memandang siapupun dia da dari mana asalnya dia yang penting kita menaruh belas kasihan kepada orang tersebut dan sayang atau suka kepada orang tersebut.

0 komentar:

Post a Comment