Konsep
Ilmu Alamiah Dasar
Pengertian Ilmu Alamiah
Dasar
•
Ilmu alam = Ilmu Pengetahuan Alam
= Natural Science
= Science
= Sains
-.
Mengkaji gejala alam semesta sehingga terbentuk konsep dan prinsip
•
Ilmu Alamiah Dasar
-
Pengetahuan tentang konsep-konsep dasar yang ada dalam bidang Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA) dan Teknologi
-
Bukan suatu disiplin ilmu
Pengertian Ilmu Alamiah
Dasar
Ditujukan
kepada mahasiswa yang belajar di bidang sosial budaya, agar
-
memiliki pandangan yang lebih luas dalam bidang IPA
-
mampu mendekati persoalan pengetahuan alam dengan penalaran yang lebih
komprehensif
-
memperoleh dan memahami pengetahuan yang ada dan termasuk dalam bidang
Pengetahuan Alam dan Teknologi
HAKIKAT DAN RUANG
LINGKUP IAD
Hakekatnya IAD bukanlah merupakan suatu
disiplin ilmu, melainkan suatu pengetahuan tentang konsep–konsep dasar yang ada
dalam Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi. Pelaksanaan perkuliahan IAD
ditujukan untuk membantu para mahasiswa agar memiliki pandangan yang lebih luas
dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam, serta mendekati persoalan pengetahuan alam
dengan penalaran yang lebih komprehensif.
Perkuliahan IAD dimaksudkan untuk mengembangkan dan memperluas wawasan
pengetahuan mahasiswa serta mencoba untuk membantu mahasiswa mengembangkan
kemampuan personalnya. Setiap mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan IAD
diharapkan cukup peka dan tanggap dan penuh rasa tanggung jawab terhadap
berbagai masalah perkembangan IPA dan Teknologi disamping masalah sosial dan
budaya yang ada dalam masyarakatnya, serta lingkungan hidup yang sering kali
merupakan suatu proses yang terjalin secara tidak terpisahkan.
Sasaran perkuliahan IAD adalah agar
mahasiswa yang mengikuti mata kuliah IAD dapat memperoleh dan memahami
pengetahuan yang ada termasuk dalam bidang IPA dan Teknologi, serta dapat
menanggapi dan menghargai pengetahuan tersebut. Mata kuliah IAD tidak
dimaksudkan untuk memberikan dasar pengetahuan yang mendalam, melainkan
memberikan suatu pandangan mengenai perkembangan IPA dan Tekonologi yang
merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia dan sumberdaya alam serta
lingkungan hidupnya. Setelah mempelajari mata kuliah IAD, diharapkan mahasiswa
dapat memperkaya cakrawala wawasannya terhadap ilmu alamiah dan teknologi,
dapat menjaga kelestarian lingkungan hidup secara arif dan bertanggung jawab
serta dapat menggunakan teknologi tepat guna.
LAHIRNYA ILMU ALAMIAH
Panca
indera akan memberikan tanggapan terhadap semua rangsangan dimana
tanggapan
itu menjadi suatu pengalaman. Pengalaman yang diperoleh
terakumulasi
oleh karena adanya kuriositas manusia. Pengalaman merupakan
salah
satu terbentuknya pengetahuan, yakni kumpulan fakta-fakta. Pengalaman
akan
bertambah terus seiring berkembangnya manusia dan mewariskan kepada
generasi-generasi
berikutnya. Pertambahan pengetahuan didorong oleh pertama
untuk
memuaskan diri, yang bersifat non praktis atau teoritis guna memenuhi
kuriositas
dan memahami hakekat alam dan isinya kedua, dorongan praktis yang
memanfaatkan
pengetahuan itu untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih tinggi.
Dorongan
pertama melahirkan Ilmu Pengetahuan Murni (Pure Science) sedang
dorongan
kedua menuju Ilmu Pengetahuan Terapan (Aplied Science)
KRETERIA ILMIAH
Pengetahuan
masuk kategori Ilmu Pengetahuan, bila kriteria berikut dipenuhi
yakni
: teratur, sistemastis, berobyek, bermetoda dan berlaku secara universal.
Contoh:
1. logam yang dipanasi memuai,
dimana saja tempatnya sama
2. Grafitasi Bumi.
METODE ILMIAH DAN
IMPLEMENTASINYA
Segala
kebenaran dalam ilmu Alamiah terletak pada metode ilmiah. Sebagai
langkah
pemecahan atau prosedur ilmiah dapat sebagai berikut :
1.
Penginderaan, merupakan suatu aktivitas melihat, mendengar, merasakan,
mengecap
terhadap suatu objek tertentu.
2.
Masalah dan problema, menemukan masalah dengan kata lain adalah
dengan
mengemukakan pertanyaan apa dan bagaimana.
3.
Hipotesis, jawaban sementara terhadap pertanyaan yang kita ajukan.
4.
Eksperimen, dari sini ilmu alamiah dan non ilmu alamiah dapat dipisahkan.
Contoh
dalam gejala alam tentang serangga dengan lampu (sinar biru)
5.
Teori, bukti eksperimen merupakan langkah ilmiah berikutnya yaitu teori.
Dengan
hasil eksperimen dari beberapa peneliti dan bukti-bukti yang
menunjukkan
hasil yang dapat dipercaya dan valid walaupun dengan
keterbatasan
tertentu. Maka disusun teori. Dengan teori-teori yang
dikemukakan
maka dapat diaplikasikan terhadap kebutuhan manusia seperti
pengusiran
serangga atau perangkap nyamuk (terkait dengan teori
pencahayaan
Sejarah Ilmu
Pengetahuan
Perkembangan
dan kemajuan peradaban manusia tidak bisa dilepaskan dari peran ilmu, bahkan
perubahan pola hidup manusia dari waktu ke waktu sesungguhnya berjalan seiring dengan
sejarah kemajuan dan perkembangan ilmu. Sejarah perkembangan ilmu berkembang sangat
pesat, luas dan spasio temporal yang panjang. sejarah adalah gambaran tentang
semua peristiwa yang telah terjadi, yang berfungsi sebagai pengungkap segala
sesuatu sesuai dengan fakta yang ada tanpa adanya distorsi sedikitpun. sejarah
yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah sejarah atau periodisasi tentang
perkembangan ilmu pengetahuan yang merupakan faktor penting dalam kehidupan
manusia. Untuk itu, perlu adanya upaya yang sungguh-sungguh serta tanggung
jawab moral dan akademik dalam pemaparan sejarah. Perkembangan ilmu pengetahuan
seperti sekarang ini tidaklah berlangsung secara tibatiba, namun melalui proses
bertahap dan evolutif. Perkembangan ilmu terus berkembang menjadi beberapa
periode, mulai dari zaman zunani terus berkembang hingga sampai zaman post
modern yang masing-masing memiliki karakteristik dan para filosof yang berbeda.
Perbedaan karakteristik perkembangan ilmu pengetahuan di setiap periode
dikarenakan adanya pola pikir manusia yang mengalami perubahan dari mitos-mitos
menjadi lebih rasionil. Manusia menjadi lebih proaktif dan kreatif menjadikan
alam sebagai objek penelitian dan pengkajian. Oleh Karena itu, dalam makalah
ini, penulis akan memaparkan tentang perkembangan ilmu pengetahuan masa modern.
Sejarah perkembangan
ilmu Pengetahuan pada masa modern
Zaman
ini sebenarnya sudah terintis mulai dari abad 14 M. Tetapi, indikator yang
nyata terlihat jelas pada abad 17 M dan berlangsung hingga abad 20 M. Hal ini
ditandai dengan adanya penemuan-penemuan dalam bidang ilmiah. (Surajiyo:2007:87).
Menurut Slamet Iman Sontoso, ada tiga sumber pokok yang menyebabkan
berkembangnya ilmu pengetahuan di Eropa dengan pesat, yaitu hubungan antara
kerajaan Islam di Semenanjung Liberia dengan negara Perancis, terjadinya Perang
Salib dari tahun 1100-1300, dan jatuhnya Istambul ke tangan Turki pada tahun 1453.
(Tim Dosen Filsafat Ilmu :2001:79)
Perkembangan
ilmu pengetahuan pada zaman modern ini sesungguhnya sudah dirintis sejak zaman
Renaissance. Renaissance sering diartikan denagn kebangkitan, peralihan, atau
lahir kembali (rebirth), yaitu di lahirkan kembali sebagai manusia yang bebas
untuk berpikir , dan jauh dari ajaran-ajaran agama. Jadi, zaman Modern filsafat
didahului oleh zaman Renaissance. Sebenarnya secara esensial zaman Renaissance
itu, dalam filsafat, tidak berbeda dari zaman modern. Ciri-ciri filsafat
Renaissance ada pada filsafat modern. Filsafat modern menampakkan
karakteristiknya dengan lahirnya aneka aliran-aliran besar filsafat, yang
diawali oleh Rasionalisme dan Empirisme dan Kriticisme. Selain ketiga aliran
itu, juga akan diketengahkan aliran-aliran besar lainnya yang ikut berperan
mengisi lembaran filsafat modern, yaitu idealisme, materialisme, positivisme,
fenomenologi, eksistensialisme dan pragmatisme. Para filsuf zaman modern
menegaskan bahwa pengetahuan tidak berasal dari kitab suci atau ajaran agama,
tidak juga dari para penguasa, tetapi dari diri manusia sendiri. Namun tentang
aspek mana yang berperan ada beda pendapat. Aliran rasionalisme beranggapan
bahwa sumber pengetahuan adalah rasio: kebenaran pasti berasal dari rasio
(akal). Aliran empirisme,2 sebaliknya, meyakini pengalamanlah sumber
pengetahuan itu, baik yang batin, maupun yang inderawi. Lalu muncul aliran
kritisisme, yang mencoba memadukan kedua pendapat berbeda itu.
Sumber:
aning.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/26984/Mat+%26+IAD+PENDAHULUAN.rtf
apa yang bakal terjadi jika ilmu pengetahuan tidak pernah ditemukan?
ReplyDelete